Monday, June 24, 2013

PENGERTIAN CORBA

Common Object Request Broker Architecture (CORBAadalah teknologi yang dipergunakan untuk heterogeneous computing (sistem komputer dengan berbagai macam lingkungan). CORBA pada dasarnya menggunakan arsitektur client-server dimana klien dan server berupa objek. 
CORBA mendukung apa yang disebut interoperabilitas, yaitu kemampuan saling bekerjasama antar sistem computer.
Selain itu CORBA juga dikatakan sebagai suatu sistem yang terbuka, artinya bahwa teknologi CORBA merupakan sebuah standarisasi yang terbuka bagi siapasaja yang ingin menerapkan. Dengan adanya dua hal tersebut, pengembang dapat membangun sebuah aplikasi yang dapat berkomunikasi walaupun satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

Kenapa ada CORBA?

Dapat menangani keberagaman lingkungan antara klien dan server (dapat diimplementasikan pada bahasa pemrograman yang berbeda). Hal ini karena CORBA menggunakan apa yang disebut antarmuka (interface) untuk menjembatani dua buah lingkungan yang berbeda.

Object Request Broker (ORB) merupakan inti dari CORBA dan bertanggung jawab untuk menjalankan semua mekanisme yang dibutuhkan, yaitu

-Menemukan implementasi objek untuk memenuhi suatu request
-Menyiapkan implementasi objek untuk menerima suatu request
-Melakukan komunkasi data untuk memenuhi suatu request

Pada Java, CORBA merupakan pelengkap untuk menyediakan framework distribusi objek, services pendukung framework itu, dan kemampuan antar operasi dengan bahasa pemrograman lainnya. CORBA untuk client-server menggunakan protokol IIOP (Internet InterORB Protocol) untuk komunikasi antara server dan klien.

Arsitektur CORBA adalah sebagai berikut:
Skeletons adalah bagian kode yang dibangin pada kode implementasi server pada antarmuka (interface). Stub adalah bagian kode yang membuat antarmuka (interface) dapat diakse (available) oleh klien.

Java menyediakan ORB (Object Request Broker) yang mendukung teknologi CORBA. ORB adalah komponen runtime yang dapat digunakan untuk distributed computing menggunakan komunikasi IIOP. OMG (Object Management Group) adalah industri yang membuat spesifikasi dan mempublikasikan CORBA.

Kelebihan CORBA:
-Programer dapat dengan mudah menulis aplikasi yang mampu bekerja secara independent antar platform dan jaringan
-Memberikan kemampuan untuk mengintegrasi software aplikasi yang berbeda,tanpa harus tergantung pada fasilitas      komunikasi tingkat bawah
-Bekerja secara baik dengan beberapa midleware-midleware yang ada,termasuk microsoft distributor sistem(DCOM)  .suport penggunaan secara statis maupun dinamis
-Memberikan ekstensi optional untuk area yang tidak bisa dijamah oleh core aplikasi.